Dark Synth. Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Jumat, 10 Agustus 2012

Gothic seni

Gothic seni adalah gaya seni Abad Pertengahan yang berkembang di Perancis dari seni Romawi pada pertengahan abad ke-12, yang dipimpin oleh pengembangan bersamaan arsitektur Gothic . Menyebar ke seluruh Eropa Barat, namun mengambil alih seni lebih lengkap utara Pegunungan Alpen , lebih gaya klasik tidak pernah cukup menonjolkan di Italia. Pada abad 14-an, gaya pengadilan canggih Gothic Internasional dikembangkan, yang terus berkembang sampai akhir abad 15. Di banyak daerah, terutama Jerman, seni Gothic Akhir berlanjut hingga abad ke-16, sebelum dimasukkan ke dalam seni Renaissance . Media utama dalam periode Gothic termasuk patung , lukisan panel , kaca patri , lukisan dan manuskrip . Pergeseran mudah dikenali dalam arsitektur dari Romawi ke Gothic, dan gaya Gothic ke Renaissance, biasanya digunakan untuk mendefinisikan periode seni di semua media, meskipun dalam banyak seni figuratif dikembangkan pada kecepatan yang berbeda.
Seni Gothic paling awal adalah patung monumental , di dinding Katedral dan biara. Kristen seni sering tipologis di alam (lihat alegori Abad Pertengahan ), menunjukkan cerita-cerita Perjanjian Baru dan Perjanjian Lama sisi berdampingan. Kehidupan orang-orang kudus sering digambarkan. Gambar dari Perawan Maria berubah dari bentuk ikonik Bizantium seorang ibu lebih manusiawi dan penuh kasih sayang, memeluk bayinya, bergoyang dari pinggulnya, dan menunjukkan sikap halus seorang wanita baik kelahiran sopan aristokrat.
Sekuler seni datang untuk sendiri selama periode ini dengan munculnya kota-kota, dasar dari universitas , peningkatan perdagangan, pembentukan ekonomi berbasis uang dan penciptaan borjuis kelas yang mampu untuk merendahkan seni dan komisi bekerja sehingga dalam proliferasi lukisan dan manuskrip. Melek huruf meningkat dan semakin banyak literatur bahasa sekuler mendorong representasi tema sekuler dalam seni. Dengan pertumbuhan kota, perdagangan serikat dibentuk dan seniman sering diminta untuk menjadi anggota dari sebuah pelukis 'serikat -sebagai hasilnya, karena catatan yang lebih baik menjaga, seniman yang lebih kita kenal dengan nama dalam periode ini daripada sebelumnya, beberapa seniman bahkan begitu berani untuk menandatangani nama mereka.

Asal

Internasional Gothic Maria Magdalena di St John Cathedral di Toruń
Seni Gothic muncul di Île-de-Perancis , Perancis, pada abad ke-12 awal di Gereja Biara St Denis dibangun oleh Abbot Suger . [1] Gaya cepat menyebar melampaui asal-usul dalam arsitektur untuk patung, baik yang monumental dan pribadi dalam ukuran , tekstil seni, dan lukisan, yang mengambil berbagai bentuk, termasuk lukisan dinding , kaca patri , dengan manuskrip bergambar , dan lukisan panel perintah Monastic , terutama Cistercians dan Kartusian , adalah pembangun yang penting gaya disebarluaskan dan dikembangkan varian khas itu di seluruh Eropa. variasi Daerah arsitektur tetap penting, bahkan ketika, pada abad 14-an, gaya universal yang koheren dikenal sebagai International Gothic telah berevolusi, yang berlanjut sampai akhir abad 15, dan seterusnya di banyak daerah.
Meskipun ada seni Gothic jauh lebih sekuler daripada sering dianggap hari ini, karena umumnya tingkat kelangsungan hidup seni keagamaan telah lebih baik daripada setara sekuler, sebagian besar seni diproduksi dalam periode tersebut adalah agama, baik ditugaskan oleh gereja atau dengan kaum awam. Seni Gothic sering tipologis di alam, mencerminkan keyakinan bahwa peristiwa Perjanjian Lama pra-pikir orang-orang dari Baru, dan bahwa ini memang signifikansi utama mereka. Adegan Perjanjian Lama dan Baru yang ditampilkan berdampingan dalam karya seperti Speculum Humanae Salvationis , dan dekorasi gereja. Periode Gothic bertepatan dengan kebangkitan besar dalam devosi Maria , di mana seni visual memainkan peranan utama. Gambar Perawan Maria dikembangkan dari jenis tangan bersambung Byzantium, melalui Penobatan Perawan , untuk jenis yang lebih manusia dan initimate, dan siklus dari Kehidupan Perawan sangat populer. Seniman seperti Giotto , Fra Angelico dan Pietro Lorenzetti di Italia, dan lukisan Netherlandish Awal , membawa realisme dan kemanusiaan yang lebih alami untuk seni. Seniman Barat, dan pelindung mereka, menjadi lebih percaya diri dalam inovatif ikonografi , dan orisinalitas jauh lebih terlihat, meskipun formula disalin masih digunakan oleh kebanyakan seniman.
Ikonografi dipengaruhi oleh perubahan teologi, dengan penggambaran Asumsi Maria mendapatkan tanah pada tua Kematian Perawan , dan dalam praktek devosional seperti Moderna Devotio , yang menghasilkan pengobatan baru Kristus dalam mata pelajaran seperti Man of Sorrows , termenung Kristus dan Pieta , yang menekankan penderitaan manusia dan kerentanan, dalam sebuah gerakan paralel dengan yang di penggambaran Perawan. Bahkan dalam terakhir PENILAIAN Kristus sekarang biasanya ditampilkan memperlihatkan dadanya untuk menunjukkan luka-luka nya Sengsara . Orang kudus yang ditampilkan lebih sering, dan altarpieces menunjukkan orang-orang kudus yang relevan dengan gereja tertentu atau donor yang hadir pada Penyaliban atau bertahta Perawan dan Anak , atau menempati ruang pusat sendiri (ini biasanya untuk bekerja dirancang untuk samping kapel). Selama periode tersebut banyak fitur ikonografis kuno yang berasal dari Apokrif Perjanjian Baru secara bertahap dihilangkan di bawah tekanan ulama, seperti bidan di Nativity , meskipun orang lain terlalu mapan, dan dianggap tidak berbahaya.

Etimologi

Kata " Gothic "untuk seni awalnya digunakan sebagai sinonim untuk" barbar ", dan karena itu digunakan pengertian yang merendahkan. Kritik melihat jenis seni Abad Pertengahan sebagai tidak dimurnikan dan terlalu jauh dari proporsi estetika dan bentuk seni klasik Renaissance penulis percaya bahwa Sack Roma oleh suku Gothic di 410 telah memicu runtuhnya dunia Klasik dan semua nilai-nilai yang mereka pegang sayang. Pada abad ke-15, arsitek Italia dan penulis berbagai mengeluh bahwa gaya baru 'barbar' penyaringan turun dari utara pegunungan Alpen menjadi ancaman serupa dengan kebangkitan klasik dipromosikan oleh Renaissance awal.  The "Gothic" kualifikasi untuk seni ini pertama kali digunakan dalam Raphael huruf 'untuk Paus Leo X c. 1518 dan kemudian dipopulerkan oleh seniman dan penulis Italia Giorgio Vasari yang menggunakannya pada awal 1530, menyebut seni Gothic yang "mengerikan dan biadab" "gangguan".  Raphael mengklaim bahwa runcing lengkungan arsitektur utara adalah gema dari gubuk primitif penghuni hutan Jermanik dibentuk dengan menekuk pohon bersama-sama - mitos yang akan muncul kembali jauh di kemudian hari dalam arti yang lebih positif dalam tulisan-tulisan dari Jerman Romantic gerakan. "Seni Gothic" sangat dikritik oleh penulis Perancis seperti Boileau , La Bruyere , Rousseau , sebelum menjadi suatu bentuk seni yang diakui, dan kata-katanya menjadi tetap. Molière terkenal akan mengomentari Gothic:
Rasa diperbodoh monumen Gothic,
Ini menjijikkan monster abad bodoh,
Yang torrents dari Barbary memuntahkan sebagainya.
- Molière .
Di awal, Gothic seni pada awalnya disebut "Pekerjaan Prancis" (Opus Francigenum), sehingga membuktikan prioritas Perancis dalam penciptaan gaya ini.

Lukisan

Simone Martini (1285-1344)
Perancis Gothic lukisan dinding terlambat
Lukisan dengan gaya yang bisa disebut Gothic tidak muncul sampai sekitar 1200, atau hampir 50 tahun setelah asal usul arsitektur Gothic dan patung. Transisi dari Romawi ke Gothic sangat tidak tepat dan sama sekali tidak istirahat yang jelas, dan detail hias Gothic sering diperkenalkan sebelum banyak perubahan terlihat dalam gaya tokoh atau komposisi sendiri. Kemudian tokoh animasi menjadi lebih dalam pose dan ekspresi wajah, cenderung lebih kecil dalam kaitannya dengan latar belakang layar, dan tersusun lebih bebas dalam ruang bergambar, di mana ada kamar. Transisi ini terjadi pertama di Inggris dan Prancis sekitar 1200, di Jerman sekitar 1220 dan Italia sekitar 1300. Lukisan selama periode Gothic dipraktekkan di empat media utama: lukisan dinding , lukisan panel , pencahayaan naskah dan kaca patri .

Lukisan dinding

Lukisan dinding terus digunakan sebagai kerajinan narasi utama bergambar di dinding gereja di Eropa Selatan sebagai kelanjutan dari tradisi Kristen dan Romawi awal. Kecelakaan bertahan hidup telah memberikan Denmark dan negara Nordik lainnya kelompok terbesar yang masih hidup lukisan dinding gereja di pauperum Biblia gaya, biasanya sampai sampai baru-baru ini dibangun kubah lintas . Mereka hampir semua ditutupi dengan limewash setelah Reformasi yang telah diawetkan mereka. Di antara contoh terbaik adalah dari Guru Elmelunde dari pulau Denmark Mon yang menghiasi gereja-gereja Fanefjord , Keldby dan Elmelunde

Kaca berwarna

Di Eropa Utara, kaca patri merupakan bentuk penting dan bergengsi dari lukisan sampai abad ke-15, ketika menjadi digantikan oleh lukisan panel . Arsitektur Gothic sangat meningkatkan jumlah kaca di gedung-gedung besar, sebagian untuk memungkinkan hamparan luas dari kaca, seperti dalam jendela mawar . Pada bagian awal periode terutama cat hitam dan kaca berwarna yang jelas atau terang digunakan, tetapi dalam abad ke-14 awal penggunaan senyawa perak, dilukis di atas kaca yang kemudian dipecat, memungkinkan sejumlah variasi warna, berpusat pada kuning, untuk digunakan dengan kaca bening di satu bagian. Pada akhir periode desain potongan besar semakin digunakan kaca yang dicat, dengan kuning sebagai warna dominan, dan potongan yang lebih kecil relatif sedikit dari kaca dalam warna lain. 

Naskah dan seni grafis

Manuskrip merupakan catatan paling lengkap lukisan Gothic, memberikan catatan gaya di tempat-tempat di mana tidak ada karya-karya monumental telah dinyatakan selamat. Penuh manuskrip paling awal dengan tanggal ilustrasi Gothic Prancis ke tengah abad ke-13.  Banyak manuskrip seperti itu Alkitab kerajaan, meskipun psalters juga termasuk ilustrasi, sedangkan Paris Doa kepada Saint Louis , dating 1253-1270, fitur penuh 78 halaman iluminasi di tempera cat dan daun emas. 
Jam Jeanne d'Evreux , oleh Jean Pucelle , Paris, 1320s
Selama 1200-an, ahli-ahli Taurat mulai membuat buku doa bagi orang awam, sering dikenal sebagai kitab-jam karena penggunaannya pada waktu yang ditentukan dalam sehari. Para contoh awal dikenal tampaknya telah ditulis untuk sebuah hidup perempuan awam yang tidak diketahui dalam desa kecil dekat Oxford pada sekitar 1240. Bangsawan yang sering dibeli teks seperti, membayar mahal untuk ilustrasi dekoratif; di antara yang paling terkenal pencipta ini adalah Jean Pucelle , yang Jam Jeanne d'Evreux ditugaskan oleh Raja Charles IV sebagai hadiah untuk ratu, Jeanne d'Évreux Elemen hadir Gothic Perancis di karya-karya tersebut termasuk penggunaan halaman dekoratif framing mengingatkan pada arsitektur besar waktu dengan angka memanjang dan rinci.  Penggunaan indikator spasial seperti membangun elemen dan fitur alami seperti pohon dan awan juga menunjukkan gaya Gothic Perancis iluminasi.
Dari tengah abad ke-14, blockbooks dengan teks dan gambar potong ukiran kayu tampaknya telah terjangkau oleh imam paroki di Low Countries , di mana mereka yang paling populer. Pada akhir abad ini, buku cetak dengan ilustrasi, masih sebagian besar pada mata pelajaran agama, dengan cepat menjadi dapat diakses oleh kelas menengah yang makmur, seperti juga ukiran dari cukup berkualitas tinggi oleh printmakers seperti Israhel van Meckenem dan Guru ES . Pada abad ke-15, pengenalan murah cetak , terutama di ukiran kayu , memungkinkan bahkan untuk petani untuk memiliki gambar kebaktian di rumah. Gambar-gambar ini, kecil di bagian bawah pasar, sering kasar berwarna, dijual dalam ribuan tapi sekarang sangat jarang, paling yang telah disisipkan ke dinding.

Altarpiece dan lukisan panel

Lukisan dengan minyak di atas kanvas tidak menjadi populer hingga abad 15 dan 16 dan merupakan ciri dari Renaissance seni . Di Eropa Utara sekolah penting dan inovatif dari lukisan Netherlandish awal adalah dengan gaya Gothic dasarnya, tetapi juga dapat dianggap sebagai bagian dari Renaissance Utara , karena ada penundaan jauh sebelum kebangkitan Italia kepentingan dalam klasisisme memiliki dampak besar dalam utara. Pelukis seperti Robert Campin dan Jan van Eyck , memanfaatkan teknik lukisan cat minyak untuk menciptakan karya teliti rinci, dalam perspektif yang benar, di mana realisme jelas dikombinasikan dengan simbolisme kaya kompleks yang timbul justru dari detail realistis mereka sekarang dapat mencakup, bahkan di kecil bekerja. Dalam lukisan Netherlandish awal, dari kota-kota terkaya di Eropa Utara, sebuah realisme menit baru dalam lukisan minyak dikombinasikan dengan kiasan teologis halus dan kompleks, yang dinyatakan secara tepat melalui pengaturan yang sangat rinci adegan agama. Para Altarpiece Merode (1420s) dari Robert Campin , dan Washington Van Kabar Sukacita Eyck atau Madonna Kanselir Rolin (baik 1430s, oleh Jan van Eyck ) adalah contoh.  Untuk, kaya kecil lukisan panel , bahkan polyptychs dalam lukisan minyak adalah menjadi semakin populer, sering menampilkan potret donor bersama, meskipun sering jauh lebih kecil dari, Perawan atau orang kudus digambarkan. Ini biasanya ditampilkan dalam rumah.

Patung

patung Monumental

Ide-ide Prancis menyebar. Di Jerman, dari 1225 di Katedral di Bamberg seterusnya, dampaknya dapat ditemukan di mana-mana. Para Katedral Bamberg memiliki kumpulan terbesar patung abad ke-13, yang berpuncak pada 1240 dengan Rider Bamberg , kehidupan-ukuran pertama berkuda patung dalam seni Barat sejak abad ke-6. Di Italia masih ada pengaruh yang klasik, tapi terobosan yang dibuat Gothic di patung-patung dari mimbar seperti Baptistery Pisa mimbar (1269) dan Siena mimbar. Sebuah karya besar akhir patung Gothic Italia adalah serangkaian Kuburan Scaliger di Verona (awal-akhir abad ke-14).
Di Eropa utara Belanda-Burgundi pematung Claus Sluter dan lain-lain memperkenalkan naturalisme dan tingkat klasisisme pada awal abad ke-15 yang terus berkembang sepanjang abad sehingga ketika perubahan pada gaya Renaissance classicistic akhirnya tiba itu terutama ditandai dengan perubahan latar belakang arsitektur dan kostum, dan beberapa pengurangan kompleksitas komposisi.

patung Portabel

Tutup Peti mati Walters , dengan Pengepungan Kastil Cinta di kiri, dan jousting . Paris, 1330-1350
Patung Gothic independen dari ornamen arsitektur yang terutama dibuat sebagai objek renungan untuk rumah atau dimaksudkan sebagai sumbangan untuk gereja-gereja lokal. , meskipun kecil relief di gading , tulang dan kayu menutupi kedua mata pelajaran agama dan sekuler, dan adalah untuk gereja dan keperluan rumah tangga . Patung tersebut adalah karya pengrajin perkotaan, dan subjek yang paling khas untuk tiga staues kecil dimensi adalah Perawan Maria sendiri atau dengan anak. Paris adalah pusat utama dari lokakarya gading, dan diekspor ke sebagian besar Eropa Utara, meskipun Italia juga memiliki produksi yang cukup besar. Sebuah contoh dari ini patung independen adalah salah satu koleksi dari Gereja Biara St Denis;. Perawan perak-emas dan tanggal Anak untuk 1339 dan fitur Maria diselimuti jubah mengalir memegang figur Kristus kanakan Kedua kesederhanaan dari jubah dan pemuda anak pertanda patung lain yang ditemukan di Eropa utara dating ke 1300-an dan 1400-an. patung tersebut menunjukkan sebuah evolusi dari gaya sebelumnya kaku dan memanjang, masih sebagian romantik, menjadi nuansa spasial dan naturalistik dalam akhir abad ke-13 dan awal ke-12. Lain-lain Perancis subyek patung Gothic termasuk tokoh-tokoh dan adegan-adegan dari literatur populer saat itu. Perumpamaan dari puisi trobador terutama populer di kalangan seniman cermin-kasus dan kotak kecil kemungkinan untuk digunakan oleh perempuan. Para Casket dengan Adegan Romances (Walters 71.264) dari 1330-50 adalah contoh luar biasa besar dengan ruang untuk sejumlah adegan dari sumber sastra yang berbeda.
Souvenir dari ziarah ke tempat suci, seperti tanah liat atau memimpin lencana , medali dan disembut ampullae dicap dengan gambar juga populer dan murah. Setara sekuler mereka, lencana seragam , tanda-tanda loyalitas feodal dan politik atau aliansi yang kemudian dianggap sebagai ancaman sosial di Inggris di bawah feodalisme bajingan . Bentuk-bentuk lebih murah kadang-kadang diberikan gratis, seperti dengan 13.000 lencana memerintahkan dalam 1483 oleh Raja Richard III dari Inggris di fustian kain dengan lambang tentang sebuah celeng putih untuk penobatan putranya Edward sebagai Prince of Wales,  yang besar angka yang diberikan penduduk pada saat itu. Para Dunstable Swan Jewel , model sepenuhnya di babak emas diemail, adalah versi yang jauh lebih eksklusif, yang seharusnya diberikan kepada seseorang yang sangat dekat atau penting untuk donor.

Galeri

 

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive