Dark Synth. Diberdayakan oleh Blogger.

Category

Minggu, 29 Juli 2012

Futhark dan Futhark Penatua Asal

Futhark adalah sistem menulis asal tidak pasti yang digunakan oleh bangsa Jerman di Eropa Utara, Inggris, Skandinavia, dan Islandia dari sekitar abad ke-3 Masehi ke Masehi abad 16 atau 17 Karena bentuk sudutnya surat, menulis rahasia diyakini milik ke sistem kuno.
Penatua Futhark adalah bentuk tertua dari abjad rahasia, yang digunakan oleh suku-suku Jermanik untuk Proto-Norse dan Migrasi dialek Jerman periode CE 2 untuk abad ke-8 untuk tulisan di artefak seperti perhiasan, jimat, peralatan, dan senjata, dan juga pada Rune batu. Di Skandinavia, script dari Futhark Penatua disederhanakan dengan yang ada pada Futhark Muda dari abad CE akhir-8, sedangkan Anglo Saxon-dan Frisians memperpanjang Futhark yang akhirnya menjadi Anglo-Saxon Futhorc setelah Proto-Inggris.
Futhark itu mungkin diadaptasi dari alfabet Yunani atau Etruscan. Futhark dapat ditulis baik kiri-ke kanan atau kanan ke kiri. Futhark dari 24 huruf yang disebut "Penatua Futhark." Itu digunakan terutama sebelum abad ke-9 Masehi
Sebagai bahasa berubah dan kelompok Jerman lebih mengadopsi mereka, Futhark diubah untuk menyesuaikan bahasa yang datang untuk menulis. Sebuah cabang awal Futhark dipekerjakan oleh Goth dan kemudian dikenal sebagai Runes Gothic. Rune Gothic digunakan sampai 500 Masehi ketika mereka digantikan oleh abjad Yunani berbasis Gothic.
Futhark, dan lebih khusus Runes, selalu dilihat sebagai memiliki sifat mistis. Banyak sekte Wiccan modern menggunakan Runes seremonial dan islami. Sebagai Runes tanggal dari sebelum waktu Eropa Utara menjadi dikristenkan, mereka menjadi terkait dengan "kafir" dari mistik non-Kristen masa lalu dan kemudian yang dikembangkan di sekitar mereka. Bahkan akar seharusnya dari Rune, yang raunen kata Jerman berarti "berbisik."
Penatua Futhark rune diyakini berasal dari huruf Italic Lama. Bentuk sudut dari rune, mungkin adaptasi terhadap sayatan di kayu atau logam, adalah properti yang digunakan bersama-sama dengan huruf awal lainnya, termasuk yang Miring Lama. Rune dari derivasi pasti mungkin inovasi asli atau adopsi dari huruf Latin dinyatakan tidak dibutuhkan.
Penemuan naskah Futhark telah dianggap berasal dari seseorang atau beberapa orang yang datang ke dalam kontak dengan budaya Romawi, mungkin sebagai tentara bayaran dalam tentara Romawi, atau bahkan sebagai pedagang. Script Futhark jelas dirancang untuk tujuan prasasti, tapi pendapat berbeda dalam menekankan magis, aspek praktis, atau graffitical.

Futhark - tua Futhark

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive